.:abg nuffnang duk sini:.

Saturday, June 23, 2012

sejarah 5 kerajaan terbesar dunia

1. Kesultanan Utsmaniyah (1299–1923)
Kesultanan Utsmaniyah (1299–1923), atau dikenali juga dengan sebutan Kekaisaran Turki Ottoman, adalah negara multi-etnis dan multi-religius. Negara ini diteruskan oleh Republik Turki pada 29 Oktober 1923.Negara ini didirikan oleh Bani Utsman, yang berkuasa selama lebih dari enam abad (1299 - 1923) dipimpin oleh 36 orang sultan, sebelum akhirnya runtuh dan berpecah menjadi beberapa negara kecil.

Kesultanan ini menjadi pusat interaksi antara Barat dan Timur. Pada puncak kekuasaannya, Konstantinopel (sekarang Istanbul) sebagai ibukotanya, kesultanan ini dianggap sebagai penerus dari kerajaan sebelumnya, seperti Kekaisaran Romawi dan Bizantium. Pada abad ke-16 dan ke-17, Kesultanan Usmaniyah menjadi salah satu kekuatan utama dunia dengan angkatan lautnya yang kuat.
Kekuatan Kesultanan Usmaniyah jatuh secara perlahan-lahan pada abad ke-19, sampai akhirnya benar-benar runtuh pada abad 20. Setelah Perang Dunia Pertama berakhir, pemerintahan Utsmaniyah yang menerima kekalahan dalam perang tersebut, dan mengalami kemunduran di bidang ekonomi.
2. Kerajaan Inggris
Kerajaan Inggris terdiri dari domini, koloni, protektorat, mandat dan semua wilayah yang di susun oleh kerajaan Inggris. Sehingga tahun 1922 Kerajaan Inggris telah memiliki 450 juta rakyat dan itu merupakan 1/4 penduduk dunia waktu itu. Wilayahnya seluas 33.700.000 km persegi. dan mempunyai kekuatan ketenteraan paling besar dalam sejarah.
 3. Kerajaan Mogul (1526–1858)
Empayar Mogul adalah sebuah kerajaan yang pada masa kemuncaknya memerintah Afghanistan, Balochistan, dan kebanyakan anak benua India antara 1526 dan 1857. Kerajaan ini didirikan oleh pemimpin Mongol, Babur, pada 1526, ketika dia mengalahkan Ibrahim Lodi, Sultan Delhi terakhir pada Pertempuran Pertama Panipat. Perkataan mughal adalah versi Indo-Aryan dari Mongol. Agama rakyat Mughal adalah Islam.
 
Kerajaan ini sebahagian besar ditakluk oleh Sher Shah ketika masa Humayun, namun di bawah Akbar, kerajaan ini berkembang pesat, dan terus berkembang sampai akhir pemerintahan Aurangzeb. Jahangir, anak Akbar, memerintah kerajaan ini antara 1605-1627. Pada Oktober 1627, Shah Jahan, anak dari Jahangir mewarisi takhta dan kerajaan yang luas dan kaya di India. Pada abad tersebut, empayar ini mungkin merupakan kerajaan terbesar di dunia. Maharaja Mughal Shah Jahan, memerintahkan pembinaan Taj Mahal antara 1630-1653 di Agra, India.
Setelah kematian Aurangzeb pada 1707, kerajaan Mughal mulai mengalami kemunduran, walaupun masih berkuasa selama 150 tahun berikutnya. Pada 1739, empayar ini dikalahkan oleh pasukan dari Parsi yang dipimpin oleh Nadir Shah. Pada 1756, pasukan Ahmad Shah menceroboh Delhi sekali lagi. Empayar British akhirnya membubarkannya pada 1857.
4.  Kekaisaran Mongolia (1206–1368)
Kekaisaran Mongolia didirikan oleh Jenghis Khan pada tahun 1206 sesudah menyatukan Suku-suku Mongolia yang ketika itu sering berselisih sesama mereka dan bermulanya banyak penaklukan di seluruh benua Eurasia yang dimulai dengan penaklukan Dinasti Xia Barat di Cina Utara dan Kerajaan Khawarezmia di Persia. Pada puncaknya, Kekaisaran Mongolia menguasai sebagian besar wilayah Asia Tenggara ke Eropa tengah. Selama keberadaannya, Mongolia melakukan pertukaran budaya antara Timur, Barat dan Timur Tengah sekitar abad ke-13 dan 14.
Kekaisaran Mongolia dipimpin oleh Khagan (Khan Agung keturunan Jenghis Khan) secara turun-temurun. Sesudah kematian Jenghis Khan, Kekaisaran Mongolia pada dasarnya terbagi menjadi empat bagian yaitu; Dinasti Yuan (Cina), Ilkhanate (Persia), Chagatai Khanate (Asia Tengah), dan Golden Horde (Rusia). Semua wilayah pembagian itu dipimpin oleh keturunan Jenghis Khan.
Menurut ahli sejarah barat R.J. Rummel, diperkirakan sekitar 30 juta orang terbunuh dibawah pemerintahan Kekaisaran Mongolia dan sekitar setengah jumlah populasi Tiongkok habis dalam 50 tahun pemerintahan Mongolia.
5. Kekaisaran Rusia (1721–1917)
Kekaisaran Rusia, adalah kekaisaran yang pernah ada sejak tahun 1721-1917. Kekaisaran ini adalah penerus Ketsaran Rusia dan pendahulu kepada Soviet Union.
Kekaisaran Rusia adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah ada dalam sejarah dunia dengan luas daratan yang hanya boleh dijangkau oleh Imperium Britania dan Kekaisaran Mongolia. Pada tahun 1866, wilayah Kekaisaran Rusia membentang dari Eropa Timur ke Asia hingga Amerika Utara. Pada awal abad ke-19, Rusia adalah kerajaan terbesar di dunia yang membentang dari Samudra Arktik di utara ke Laut Hitam di selatan dan dari Laut Baltik di barat hingga Samudra Pasifik di timur. Dengan penduduk sebanyak 176,4 juta orang, kerajaan ini memiliki penduduk terbesar ketiga di dunia pada masanya setelah Dinasti Qing di Cina dan Imperium Britania.
Kekaisaran Rusia diperintah oleh seorang kaisar dan menjadi salah satu kerajaan terakhir di Eropa yang meninggalkan sistem monarki absolut.

2 comments:

  1. menarik.. pet jarang taw psai kerajaan terbesar :) nice sharing :)

    ReplyDelete
  2. asik juga..http://ulasanberitadunia.blogspot.com/

    ReplyDelete

jom kongsi pendapat dengan mugmerah.

.:iklan nuffnang:.